Tugas Boarding Gate STAFF Penerbangan di Bandara

Tugas Boarding Gate di Bandara

Tugas Boarding Gate di Bandara

TUGAS BOARDING GATE DI BANDARA

Tugas Boarding Gate STAFF Penerbangan di Bandara, Menjadi salah satu petugas dalam dunia penerbangan tidak hanya bergengsi namun juga mendetail. Salah satu bagian petugas pesawat yang banyak berperan di balik layar atas kenyamanan penumpang adalah tugas boarding gate.

Menit demi menit sebelum keberangkatan pesawat menjadi momen yang amat sibuk dan sangat menegangkan bagi petugas boarding. Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut:

  1. Front Desk
    mencatat keluar masuknya penumpang, memonitor, dan menandai boarding pass. Ia juga berperan untuk mencocokkan identitas penumpang dengan tiket.
  2. Main Desk
    memberikan informasi kepada penumpang mengenai keterlambatan sekaligus mengurus pembuatan manifest passengers.
  3. Check Gate
    mengarahkan penumpang menuju pesawat sekaligus melakukan pendataan dan perhitungan.

Tugas Boarding Gate di Bandara

Meskipun tugas seorang Boarding Gate di Bandara terlihat banyak dan sibuk anda tidak akan bekerja sendirian, melainkan ada sebuah tim yang akan bertugas bersama-sama untuk memberikan pelayanan yang maksimal.

Untungnya dengan rangkaian desk yang harus diisi membuat jumlah petugas pada bagian ini merupakan yang paling banyak jumlahnya. Bahkan jika ada penumpang yang hilang pun menjadi tanggung jawab petugas boarding gate untuk menemukan dan memberikan pengumuman.

Tugas boarding gate tidak hanya sampai disitu karena ternyata mulai dari persiapan keberangkatan hingga pesawat lepas landas semua diatur oleh petugas boarding gate. Mempersiapkan daily log maupun segala perlengkapan penunjang menjadi salah satu bagian dari tugas jugs.

Petugas pun berperan mengatur bagasi penumpang dan menandai mereka yang membawa bagasi berlebih. Jika ada penumpang yang berbahaya atau dalam kondisi berbahaya maka petugas wajib melakukan koordinasi dengan pihak Airlines.

Ketika 45 menit penerbangan domestik atau 1 jam penerbangan internasional pesawat akan terbang landas, maka tugas boarding gate adalah membuat prioritas bagi penumpang hamil, lansia, cacat, maupun penumpang transit.

Semua hal tersebut dibutuhkan untuk memudahkan para penumpang ketika harus hendak turun untuk pindah pesawat maupun akibat adanya berbagai kendala. Bahkan 5 menit sebelum pesawat lepas landas, petugas boarding gate akan melakukan serah terima dokumen dengan kru kabin.

Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia

Hal itu dilanjutkan pula dengan memberikan pengumuman untuk memastikan bahwa penumpang berada di gate yang benar. Rangkaian prosedur tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi para penumpang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.