Sistem Keamanan Pesawat Terbang Sehingga Penerbangan Aman

Sistem Keamanan Pesawat Terbang

Sistem Keamanan Pesawat Terbang

SISTEM KEAMANAN PESAWAT TERBANG

Sistem Keamanan Pesawat Terbang Sehingga Penerbangan Aman. Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi yang dinilai paling aman dan nyaman selain tentunya mampu untuk menempuh jarak jauh dengan waktu yang relatif singkat.

Akan tetapi bagaimanakah sistem keamanan pesawat terbang yang ada selama ini? Pada umumnya pesawat terbang jenis baru tentu sudah dilengkapi dengan beragam sensor yang dibutuhkan selama penerbangan.

Selain itu dibekali dengan peralatan komunikasi yang canggih serta beragam radar untuk memonitoring cuaca di angkasa.

Sistem Keamanan Pesawat Terbang Sehingga Penerbangan Aman

Pertama, Pesawat adalah Sarana Transportasi Paling Aman

Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa pesawat adalah sarana transportasi paling aman di dunia sampai sekarang ini. Hal ini dikarenakan pesawat punya standar keamanan tertinggi dan sekaligus paling rumit.

Salah satunya karena harus melalui proses pengecekan baik penumpang maupun barang bawaan sebelum lepas landas maupun setelah mendarat. Berdasarkan data dari Aviation Safety Network dalam kurun waktu selama 40 tahun, angka kecelakaan pesawat terbang merosot tajam setiap tahun.

Bahkan rasio kecelakaan pesawat terbang dengan mode transportasi lainnya berbanding sangat jauh. Alhasil apabila Anda memilih menaiki mode transportasi mobil ataupun motor tentu tidak seaman menggunakan pesawat terbang.

Kedua, Turbulensi Itu Hal yang Wajar

Turbulensi merupakan suatu keadaan saat pesawat dalam kondisi tidak stabil atau mengalami pergerakan yang acak dalam setiap waktu. Hal ini kemudian menyebabkan penumpang harus merasakan guncangan.

Inilah kondisi yang mungkin membuat sebagian besar penumpang pengguna transportasi  udara akan panik saat berada dalam pesawat. Adapun untuk memahami prinsip turbulensi ini sama seperti Anda sedang naik mobil dan harus melewati gundukan tajam atau jalan yang masih tidak mulus.

Guncanganyang terjadi pada pesawat pasti menyebabkan ketidak nyamanan saat Anda berada dalam pesawat, tapi bisa dipastikan kalau hal ini tidak berbahaya.

Ketiga, Sirkulasi Udara di Pesawat Tidak Membuatmu Sakit

Ada banyak sekali asumsi perihal sirkulasi udara di pesawat yang mana sangat buruk hingga menyebabkan pusing dan bahkan mual. Hal ini tentu salah, sebab udara di dalam pesawat telah disaring lebih dari 90% efektif untuk membasmi bakteri.

Akan tetapi apabila Anda masih merasa tidak enak badan maka boleh jadi daya tahan tubuh Anda lemah karena pengaruh virus atau bakteri yang tertinggal di pesawat. Setiap harinya pesawat terbang mampu mengangkut lebih dari ratusan penumpang yang mungkin saja sedang sakit saat terbang.

Oleh karena itu bagi Anda yang akan mengadakan perjalanan udara sangat dianjurkan untukmu minum suplemen. Selain itu memperbanyak minum air mineral sepanjang perjalanan serta senantiasa mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Keempat, Mengapa Telingamu Meletup Saat Sedang Berada di Pesawat

Saat Anda berada dalam pesawat akan ada gesekan dan suara mesin yang menyebabkan suara bising dan menggema pada telinga. Gesekan tersebut serta suara tadi mengendap di dalam pesawat. Terutama pesawat pada saat take off ataupun landing, telinga para penumpang pasti akan merasa sedikit sakit.

Serta mengalami bising sehingga membuat tidak nyaman. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan sebab semua akan kembali normal ketika sudah berada di darat.

Nah beberapa hal diatas merupakan sebagian kecil dari rumitnya sistem keamanan pesawat terbang yang ada. Selain itu untuk memasuki kabin pesawat setiap penumpangnya akan mengalami proses pemeriksaan oleh bagian security bandara.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan selain tentunya juga menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang pesawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.