Perbedaan AVSEC Dengan Security Keamanan Yang Lain

Perbedaan AVSEC Dengan Security Keamanan Yang Lain

Perbedaan AVSEC Dengan Security Keamanan Yang Lain

Perbedaan AVSEC Dengan Security Keamanan Yang Lain, Hai untuk para sahabat yang sudah tahu apa itu AVSEC pasti penasaran dan bertanya-tanya, Apa Sih Perbedaan AVSEC Dengan Petugas Keamanan Yang Lain?

Kan juga sama-sama seoarng security atau petugas keamanan benar begitu bukan? Dan itulah anggapan orang yang belum mengenal AVSEC Bandara lebih jauh.

Jangan salah teman-teman, berbeda dengan security atau petugas keamanan yang lain, Seorang AVSEC Harus berpedoman kepada regulasi Internasional ICAO (International Civil Aviation Organitation) yang langsung dibawahi oleh PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).

Tidak seperti yang ada di benak teman-teman sekalian, pasti Anda mempunyai pikiran kalau di dunia penerbangan pekerjaan lebih mudah karena fasilitas di bandara yang memadai, dan mungkin ada di antara teman-teman yang berpikir kalau menjadi AVSEC itu lebih mudah dibanding security lainnya.


Perbedaan AVSEC Dengan Security Pada Umumnya

Bekerja sebagai AVSEC Bandara memang haruslah sangat teliti, serta menjadi individu yang kuat, tanggap dan cekatan dalam segala situasi apapun.

Selain itu untuk menjadi AVSEC Bandara juga harus memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki oleh petugas keamanan pada umumnya.

  • Untuk Menjadi AVSEC Bandara Yaitu Harus (WAJIB) Memiliki Lisensi / Surat Tanda Kecakapan Personil (STKP) Yang Diberi Tugas & Tanggung Jawab Di Bidang Keamanan Penerbangan.
  • Harus memiliki konsentrasi yang tinggi dalam memeriksa barang ataupun penumpang yang akan masuk bandara.
  • Memiliki keahlian berkomunikasi yang baik, bahkan harus bisa menguasai berbagai macam bahasa, khususnya bahasa internasional yaitu bahasa inggris.

Karena kita pasti tahu kalau di bandara itu banyak orang-orang yang dari luar negeri, Maka dari itu para AVSEC harus bisa menguasai bahasa internasional.

Karena Jika Anda kebingungan saat berada di suatu tempat, seorang security adalah sosok yang pasti akan Anda lempari pertanyaan untuk membantu Anda bukan?

Sama hal nya di bandara teman, jika ada turis yang kebingunan sudah pasti seorang AVSEC (Aviation Security) lah yang akan menjadi orang yang paling cocok untuk dimintai bantuan.

Dan bagaimana jika Anda sebagai seorang security tapi Anda tidak paham dengan apa yang ditanyakan oleh orang yang meminta bantuan? Sangat kecewa dengan diri sendiri bukan?

Maka dari itu untuk mejadi seorang AVSEC tidaklah semudah menjadi security pada umumnya, selain menguras tenaga fisik, menjadi seorang AVSEC juga menguras tenaga otak yang membuat badan lebih cepat letih.

Recommended For You!  Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara

Karena kita semua tahu kalau di dunia penerbangan tidak boleh sedikit pun terjadi kesalahan, karena hal itu bisa saja berhubungan dengan nyawa orang lain.

Jika seorang AVSEC (Aviation Security) teledor dan membiarkan barang yang seharusnya tidak boleh masuk di pesawat memasuki pesawat, bisa saja pesawat akan mengalami gangguan dan mungkin akan menyebabkan kecelakaan yang akan membuat banyak nyawa melayang.


Kelebihan Menjadi AVSEC Bandara

Setiap pekerjaan pasti mempunyai tantangan sendiri dan pekerjaan kita pasti secara langsung atau tak langsung memberikan dampak bagi kehidupan pribadi sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan keuntungan menjadi seorang AVSEC Bandara.? Tidak seperti security yang lain, Karena AVSEC dalam menjalankan tugasnya tidaklah memerlukan otot, karena mereka sudah dibekali dengan peralatan yang lengkap.

Petugas AVSEC (Aviation Security) dalam kerjanya di dukung oleh beberapa peralatan kerja yang akan mendukung dalam melaksanakan tugasnya, yaitu:

  1. Peralatan pendeteksi metal (HTMD dan WTMD)
  2. Peralatan pendeteksi bahan organik dan non-organik(X-Try)
  3. Peralatan pendeteksi bahan nuklir, biologi, kimia, dan radioaktif
  4. Peralatan pendeteksi bahan peledak
  5. Kendaraan patroli keamanan penerbangan
  6. Peralatan pemantau lalu lintas orang, kargo, pos, kendaraan, dan pesawat udara di bandara
  7. Peralatan pusat penanggulangan keadaan darurat (emergency operation centre)
  8. Peralatan pengendalian jalan masuk (acces control)
  9. Peralatan pendeteksi penyusup pagar perimeter (perimeter instruction detection system)
  10. Peralatan komunikasi personel keamanan

Kelebihan Lain Yang Membuat Anda Ingin Menjadi AVSEC Bandara

Standar Gaji AVSEC (Aviation Security) juga pasti memiliki perbedaan dengan gaji security pada umumnya seperti misalnya satpam di mall yang sering kita lihat.

Untuk Seorang Personil AVSEC Non-PNS Akan Mendapat Haji Pokok Sekitar Rp. 4.000.000 s/d Rp. 6.000.000 Per Bulannya.

Sedangkan Untuk Personil AVSEC PNS Yang Yerstatus Pegawai Kementerian Perhubungan, Kisaran Gajinya Adalah Rp. 5.000.000 s/d Rp.6.500.000 Per Bulannya.

Selain memiliki standar gaji yang tinggi diatas security biasa Seorang AVSEC Bandara Juga memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan yaitu bisa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mungkin banyak orang yang mengidamkannya.

Selain itu Jika Anda Menjadi Seorang AVSEC Bandara juga pasti anda akan memiliki wibawa yang berbedang dibandingkan dengan yang lainnya, mengingat tempat anda bekerja adalah Bandara dimana merupakan tempat orang-orang elit dan berkelas.

Itulah Beberapa Penjelasan Tentang Perbedaan AVSEC Dengan Security Keamanan Yang Lain Semoga Dapat Menjawab Pertanyaan Anda, Sekian & Terimakasih.

Jika Bermanfaat Share Artikel Ini Yaa..

1 Respon

  1. 14/03/2018

    […] orang yang telah mengetahui Perbedaan Antara AVSEC dan petugas keamanan pada umumnya pasti ingin tahu, berapa sih Gaji AVSEC […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp