Pengertian Aviation Security Adalah Polisi Bandara

Pengertian Aviation Security Adalah Polisi Bandara

Pengertian Aviation Security Adalah Polisi Bandara

Pengertian Aviation Security atau yang lebih sering dikenal sebagai ASVEC merupakan profesi yang mungkin masih asing dan banyak yang belum mengetahui tugas ataupun jenis profesi ini.

Aviation Security (ASVEC) bisa juga disebut dengan polisi bandara penerbangan, ASVEC juga dapat disebut sebagai KAMPEN yang merupakan singkatan dari Keamanan Penerbangan dengan motto “Tegas, santun, berwibawa, jujur, berani dan bersahaja”.

Mereka Aviation Security Memiliki Tugas untuk mengamankan penerbangan dan juga menjamin keselamatan, kenyamana, dan juga keamanan semua pengguna jasa penerbangan.

Tugas yang tidak ringan membuat tidak semua orang bisa menjadi ASVEC (Aviation Security), Salah satu persyaratan yang wajib adalah, kamu harus memiliki lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Personil atau yang biasa disebut dengan STKP yang dikeluarkan langsung dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.


Cara Mendaptakan Lisensi AVSEC Bandara

Lisensi Atau STKP (Surat Tanda Kecakapan Personil) Ini dapat kamu peroleh dengan terlebih dahulu mengikuti pendidikan dan pelatihan yang bertahap di Sekolah FAAST Penerbangan.

Karena FAAST Penerbangan Telah mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (RI) untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan khusus AVSEC (Aviation Security).

Umumnya, Pendidikan dilaksanakan selama 6 bulan, dengan pembagian pendidikan di kampus selama 4 bulan, dan praktik atau OJT (On The Job Training) di bandara selama 2 bulan.

Setelah menjalani pendidikan kurang lebih 6 bulan, maka siswa-siswi FAAST Penerbangan akan mengikuti Ujian Negara yang diselenggarakan langsung oleh Direktorat Perhubungan Udara di Kampus FAAST Penerbangan, sehingga setiap siswa FAAST yang lulus akan mendapatkan Lisensi AVSEC Tersebut.

Penempatan kerja ASVEC tidak hanya berlokasi di bandar udara saja, ASVEC (Aviation Security) juga ditempatkan di setiap lokasi yang mendukung penerbangan. Beberapa di antaranya adalah pagar pembatas bandara dan lampu landasan.


Macam Macam AVSEC Bandara

Personil Keamanan Penerbangan (AVSEC) Yang bertugas di keamanan penerbangan dibagi menjadi tiga bagian yaitu diantaranya sebagai berikut :

  1. Pegawai Negri ataupun swasta yang ditugaskan dan diberi wewenang untuk mengamankan semua fasilitas penerbangan sebelum dinaikkan ke pesawat. Seluruh fasilitas penerbangan yang berada di Bandara dan juga di luar area Bandar udara menjadi tanggungjawab mereka. Termasuk dengan setiap oranng yang memasuki area terbatas, para penumpang dengan bawaan masing-masing, serta awak pesawat.
  2. Security airlines. Mereka adalah petugas keamanan yang dimiliki oleh perusahaan penerbanngan. Mereka memiliki tugas untuk memastikan para penumpang dapat dengan aman memasuki pesawat udara serta memastikan bahwa tidak ada barang-barang yang berbahaya yang masuk ke dalam pesawat udara.
  3. POLRI ataupun TNI yang ditugaskan untuk mendukung keamanan penerbangan.
Recommended For You!  Apakah Rambut Keriting Bisa Menjadi Pramugari

Ketiga personil tersebut memiliki tugas masing-masing namun saling mendukung demi keamanan penerbangan yang Selamat, Aman & Nyaman. Dibawah Ini Adalah Salah Satu Foto Personil AVSEC Bandara.

Itulan Pengertian Tentang Definisi Aviation Security Yang Bisa Dikatakan Sebagai Polisi Bandara, Karena Tugasnya Yang Siap Siaga Untuk Mengamankan Fasilitas Maupun Pengguna Jasa Penerbangan.

Semoga Penjelasan Tentang Pengertian Aviation Security Ini Dapat Menjawab Pertanyaan Anda Dan Dapat Memberikan Informasi Untuk Kita Semua, Sekian & Terimakasih..

Jika Bermanfaat Share Artikel Ini Yaa..

1 Respon

  1. 11/03/2018

    […] Penerbangan & Pramugari, Kampus PSPP ini juga menyelenggarakan program pendidikan lainnya yaitu AVSEC (Aviation Security) yang sudah mendapatkan Izin Resmi Dari Direktorat Jenderal Perhubungan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp