Berapa Lama Masa Jabatan AVSEC Bandara Hingga Pensiun Kerja

Masa Jabatan AVSEC Bandara

Masa Jabatan AVSEC Bandara

MASA JABATAN AVSEC BANDARA

Berapa Lama Masa Jabatan AVSEC Bandara? Banyak orang bertanya-tanya tentang berapa lama masa jabatan AVSEC. Apakah kita bisa bekerja sebagai AVSEC atau polisi bandara sampai tua? Lama masa jabatan AVSEC berbeda-beda tergantung kontrak kerja dan siapa yang merekrut apakah BUMN, pemerintah, atau perusahaan outsource.

Menggunakan Sistem Kontrak

Seperti dijelaskan di atas, beberapa pegawai AVSEC direkrut langsung oleh PT. Angkasa Pura yang merupakan suatu persusahaan BUMN. Biasanya perusahan menerima pegawai dengan sistem kontrak. Satu kali kontrak digunakan untuk masa kerja 5 tahun.

Nah isi kontrak bermacam-macam. Ada yang setiap kali kontrak habis harus memperbaharui kontrak tersebut dengan posisi yang sama. Biasanya ini berlaku untuk pegawai yang direkrut oleh perusahaan outsource yang bermitra dengan perusahaan utama.

Kelemahan dari sistem outsource ini adalah pegawai tidak punya hubungan apapun dengan perusahaan utama. Semua yang berkaitan dengan pegawai bukan tanggung jawab maskapai atau perusahaan penerbangan.

Kemungkinan Diangkat Sebagai Pegawai Tetap 

Jika diterima secara langsung oleh maskapai atau perusahaan nasional penerbangan, bisa jadi karyawan akan diangkat penjadi pegawai tetap setelah kurun waktu tertetu tergantung isi kontrak yang ditanda tangani. Biasanya paling cepat 2 tahun, karyawan bisa diangkat sebagai pegawai tetap.

Menjadi pegawai tetap berarti sudah tidak ada kontrak. Pegawai akan mendapatkan hak-hak baru seperti tunjangan pensiun, asuransi, dan lain-lain. Biasanya perusahaan akan melihat kinerja pegawainya dan masa jabatan sebagai dasar pengangkatan pegawai.

Recommended For You!  Berapakah Batas Usia Pensiun AVSEC Bandara? Simak Selengkapnya

Jadi apabila Anda sudah masuk industri ini, Anda harus bekerja maksimal agar bisa secepatnya diangkat menjadai pegawai tetap. Namun karyawan outsource tidak mendapat privilege berupa pengangkatan menjadi pegawai tetap. Untuk karyawan outsource kontrak hanya akan diperpanjang secara terus menerus.

Selain itu, walaupun jarang, tapi ada pula petugas AVSEC yang diterima melalui jalur CPNS. Ini jika lowongan dibuka oleh kementerian perhubungan Berbicara tentang masa kerjanya, CPNS bisa bekerja hingga usia 58 tahun dan setelahnya bisa pensiun.

Jadi bisa disimpulkan bahwa masa jabatan AVSEC berbeda-berbeda tengantung dari kontrak kerja yang telah disetujui kedua belah pihak.

Jika Bermanfaat Share Artikel Ini Yaa..

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp