Jangan Pernah Bercanda Soal Bom Di Bandara Atau Pesawat

Jangan Pernah Bercanda Soal Bom di Bandara Atau Pesawat

Jangan Pernah Bercanda Soal Bom di Bandara Atau Pesawat

JANGAN PERNAH BERCANDA SOAL BOM DI BANDARA ATAU PESAWAT

Jangan Pernah Bercanda Soal Bom Di Bandara Atau Pesawat. Pesawat terbang merupakan salah satu mode transportasi yang memiliki karakter paling efektif dan efisien dibandingkan dengan jenis transportasi lainnya.

Terlebih ketika digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan jarak ribuan kilometer dapat ditempuh hanya kurang dari satu hari perjalanan. Indonesia dengan jumlah penduduk yang begitu banyak tentu tidak semua memiliki karakter yang sama baiknya.

Tidak jarang ada sebagian besar penumpang memiliki karakter taat akan peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan maskapai penerbangan. Tidak sedikit pula banyak penumpang yang berbuat seenaknya dan cenderung merugikan orang lain.

Anda sebaiknya jangan pernah bercanda soal bom di bandara atau pesawat. Sebab akan ada  hukuman penjara bagi penumpang yang bercanda bawa bom di bandara. Tentu hukuman yang harus ditanggung pelaku iseng tersebut tidak main-main karena secara hukum telah berbuat kriminal.

Hal ini termasuk perbuatan pidana yang mana bisa terancam hukuman penjara selama beberapa waktu lamanya, tentu merupakan kerugian tersendiri bukan?

Ancaman Hukuman Soal Bom Di Bandara Atau Pesawat

Sebagai negara hukum, Indonesia memiliki beragam produk hukum termasuk persoalan ancaman bom. Berdasarkan peraturan pemerintah pada Pasal 437 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (UU Penerbangan) yang memiliki uraian semua hal yang terkait informasi bom, baik sungguhan / bohong (becanda) akan diproses secara hukum serta memiliki sanksi tegas dari pihak berwajib.

Sedangkan pada uraian pada Pasal 437 ayat (1) yang berbunyi, “Setiap orang yang menyampaikan informasi palsu yang mana dapat membahayakan keselamatan penerbangan diancam dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.”

Ancaman pidana ini tentu tidak main-main oleh karena itu sangat penting bagi Anda penumpang pengguna transportasi udara untuk memahami agar tidak bercanda membawa bom di bandara.

Dampak Ancaman Bom pada Suatu Bandara atau Pesawat

Hal ini akan semakin parah terlebih ancaman bom tersebut diutarakan pada bandara dengan kelas internasional. Pihak berwenang akan menurunkan sejumlah tim anti bom yang akan menyisir seluruh area bandara tanpa kecuali guna menetralisir ancaman bom yang ada.

Selama proses penyisiran oleh aparat ini tentu bandara akan ditutup untuk umum termasuk aktivitas penerbangan.

Akibatnya maka sejumlah rute penerbangan akan terganggu baik pesawat terbang yang akan mendarat maupun pesawat yang akan lepas landas. Hal ini tentu tidak terhitung berapa kerugian yang harus ditanggung baik itu oleh Otoritas Bandara maupun maskapai perusahaan.

Selain itu pihak perusahaan maskapai penerbangan tentu harus menjadwalkan ulang penerbangan yang terganggu karena ancaman bom yang belum tentu kebenarannya.

Boleh jadi pula akan membuat sebagian kecil penumpang merasa terganggu aktivitasnya berkenaan dengan ancaman bom palsu tersebut. Selain itu pelaku ancaman bom pada akhirnya akan di blacklist dari daftar penumpang suatu perusahaan.

Dampak yang ditimbulkan secara materil boleh jadi kerugian yang timbul akibat ancaman bom pada suatu bandara tentu mencakup nilai yang sangat banyak. Selain itu dampak secara ekonomi juga bisa terlihat dengan ketidakstabilan kondisi ekonomi suatu negara yang berefek pada sektor investasi makro.

Ancaman hukuman bagi pihak yang bercanda membawa bom di dalam bandara tentu sudah sepantasnya untuk dilaksanakan tanpa adanya kompromi sedikutpun. Tentu dampak kerugian atas bom yang meledak ini tidak terhitung nilainya.

Ketidakstabilan ekonomi akan berpengaruh yang mana juga akan menurunkan sejumlah nilai saham yang beredar di bursa efek. Jadi jangan pernah bercanda soal bom di bandara atau pesawat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.