Jadwal Kerja AVSEC International Sebagai Personil Keamanan Bandara

Jadwal Kerja AVSEC International

Jadwal Kerja AVSEC International

JADWAL KERJA AVSEC INTERNATIONAL

Jadwal Kerja AVSEC di Bandara International Yang Peylu Ketahui? AVSEC mempunyai jadwal kerja yang berbeda dengan pegawai kantor lainnya yang umumnya bekerja selama 5 hari dalam seminggu dari jam 9 sampai 5 sore.

Bertugas sebagai polisi bandara, jadwal kerja AVSEC sangat dipengaruhi oleh aktifitas bandara itu sendiri. Misalnya untuk bandara berkapasitas Internasional, pekerjaan AVSEC bisa sangat berat dan melelahkan Karena di setiap jam bahkan setiap menit ada beberapa penerbangan yang harus di cek keamanannya.

Berbeda dengan bandara kecil yang frekuensi penerbangannya tidak banyak atau di bandara lokal, petugas AVSEC mungkin bisa sedikit bersantai walaupun tetap tidak boleh lengah dalam bekerja.

Bekerja Dengan Sistem Shift

Karena aktifitas bandara bisa 24 non-stop, jadwal kerja AVSEC dibagi menjadi 3 shift, shift pagi, siang, dan malam dengan panjang setiap shiftnya sekitar 8 jam. Untuk bandara kecil yang tidak beroperasi 24 jam, hanya terdapat 2 shift.

Di setiap bandara, ada tim tersendiri yang mengatur jadwal kerja dan penugasan AVSEC. Tim penjadwalan membagi shift sama rata untuk semua petugas AVSEC. Karena menggunakan sistem shift dengan jadwal yang berbeda-beda setiap harinya, presensi kerja harus sangat diperhatikan

Petugas AVSEC tidak boleh memilih jadwal shift nya sendiri. Akan tetapi pada faktanya, hal ini bisa dibicarakan dengan tim penjadwalan.

Berapa Kali Libur Dalam Seminggu?

Setiap bandara memiliki sistem dan peraturan yang berbeda-beda untuk menentukan jadwal kerja para pegawainya. Ada yang menerapkan sistem libur seminggu sekali ada pula yang menggunakan metode libur setiap 4 hari kerja. Jadi hari liburnya tidak selalu Minggu. Semua ini tergantung pada kebijakkan manajemen bandara.

Recommended For You!  Tes Akademik AVSEC Bandara

Walaupun diberikan jatah libur dan cuti, pada saat high season biasanya perusahaan meminta AVSEC untuk tetap masuk dan liburnya akan diganti pada kesempatan lain.

High season adalah masa dimana traffic penerbangan sangat tinggi seperti pada saat liburan panjang kenaikan kelas atau libur lebaran, natal, dan tahun baru. Hal ini dikarenakan akan banyak sekali pesawat keluar masuk bandara dengan jumlah penumpang yang melonjak tajam.

Jika Bermanfaat Share Artikel Ini Yaa..

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp