Fasilitas Penting Bandara International Yang Harus Ada

Fasilitas Penting Bandara International Yang Harus Ada

Fasilitas Penting Bandara International Yang Harus Ada

FASILITAS PENTING BANDARA INTERNATIONAL YANG HARUS ADA

Lihat Disini Beberapa Fasilitas Penting Bandara International Yang Harus Ada. Bandara merupakan salah satu fasilitas wajib yang harus ada untuk dapat melakukan perjalanan dengan transportasi udara. Secara umum bandara dibedakan menjadi dua yakni bandara domestik dan bandara internasional.

Lalu fasilitas penting bandara International yang harus ada mencakup apa saja?

Industri penerbangan terutama di negeri Indonesia sendiri saat ini berkembang cukup pesat, ditandai dengan banyaknya penerbangan domestik maupun internasional. Namun untuk membangun sebuah bandar udara tidak semudah yang dibayangkan masyarakat.

Hal ini dikarenakan adanya berbagai pertimbangan berbagai faktor, mulai dari faktor alam seperti angin, ketinggian daratan maupun kondisi tanah. Pembangunan juga harus menyediakan berbagai fasilitas dan menyediakan sisem peralatan seperti radar dan navigasi.

Fasilitas Penting Bandara International yang Harus Ada

Pertama, PABX

Fasilitas yang paling penting pertama adalah Public Address Branch Extension (PABX) yang merupakan suatu perangkat peralatan telepon yang terdiri dari Central unit, Pesawat cabang, Kabelpenghubung dan Kotak Terminal.

Fungsi utama dari PABX adalah sebagai sentral komunikasi antara bandara dengan pesawat terbang diangkasa.

Sedangkan bagianCentral unit merupakan suatu perangkat utama pengontrol semua sistem operasi PABX yang memiliki fungsi yakni untuk menghubungkan antara pesawat cabang dan dengan jalur komunikasi dari PT. TELKOM.

Kedua, HT (Handy Talky)

Fasilitas penting yang kedua yang berhubungan dengan komunikasi adalah peralatan Handy Talky (HT) Transceiver. Perangkat ini merupakan bentuk dari suatu peralatan UHF-FM Transceiver (Transmitter dan Receiver) dengan sistem multi channel.

Selain itu mampu juga  digunakan sebagai sarana komunikasi point to point (darat ke darat) dalam yang sangat praktis.

Ketiga, PAS

Peralatan Public Address System atau seringkali disingkat dengan PASmerupakan peralatan audio sistem yang berfungsi guna menyampaikan beragam informasi yang mana berkaitan dengan kegiatan yang ada pada bandara.

Adapun informasi ini dapat berupa aktivitas dalam bandara seperti pemberitahuan jadwal keberangkatan pesawat terbang, kedatangan pesawat, keterlambatan termasuk pembatalan penerbangan.

Selain itu terdapat pula IGCS (Integrated Ground Communication System) yang merupakan sistem komunikasi darat ke darat terpadu dengan menggunakan sistem trunking. Alat bantu komunikasi yang digunakan oleh seluruh satuan kerja petugas yang beroperasi di wilayah bandara.

Keempat, FIDS (Flight Information Display System)

Fasilitas selanjutnya adalah Flight Information Display System (FIDS) yang merupakan integrasi sistem informasi bandara. Perangkat ini berbentuk software dan perangkat hardware yang dapat menyajikan informasi tentang beragam aktivitas di bandara.

Contohnya seperti pemberitahuan jadwal keberangkatan, keterlambatan, kedatangan pesawat, dan pembatalan penerbangan dan lain-lain.

Selain beberapa fasilitas yang merupakan bentuk pelayanan bagi seluruh penumpang bandara tentu juga merupakan salah satu standar operasional yang wajib dipenuhi oleh setiap bandara internasional. Bandara internasional juga layaknya bandara domestik lain yang mana memiliki landasan pacu.

Adapun panjang landasan pacu tentu harus mampu mengakomodir pesawat terbang yang berukuran jumbo. Pesawat terbang yang memiliki dimensi besar tentu membutuhkan landasan pacu yang lebih panjang dibandingkan pesawat terbang berukuran kecil ataupun medium.

Selain itu bandara juga perlu menyiapkan apron yang merupakan tempat parkir pesawat yang berlokasi didekat dengan bandara. Selain itu terdapat pula taxiway yang menghubungkan apron dengan landasan pacu. Konstruksi yang ada didalam area bandara tentu harus mampu menampung beban yang besar.

Setiap bandara juga terdapat ATC yang merupakan menara Air Traffic Controller yang memiliki fungsi memantau radar dan dilengkapi dengan radio control.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.