Cara Menjadi AVSEC Internasional

Cara Menjadi AVSEC Internasional

Cara Menjadi AVSEC Internasional

CARA MENJADI AVSEC INTERNASIONAL

Cara Menjadi AVSEC Internasional, Aviation Security (AVSEC) tidak hanya ada di bandara Indonesia saja namun lebih dari itu, unit kerja AVSEC ini ada di setiap bandara yang ada di dunia.

Dikarenakan pesawat terbang adalah moda transporatasi yang menghubungkan dua daerah hingga dua negara bahkan dua benua maka pengamanan bandara ini memakai regulasi nasional dan internasional.

Di dalam negeri sendiri regulasi yang dipakai adalah regulasi yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Indonesia, Sedangkan Untuk regulasi internasional dipakai aturan ICAO (International Civil Aviation Organization).


Apa Itu ICAO (International Civil Aviation Organization)

ICAO merupakan salah satu lembaga PBB yang bertugas mengatur prinsip navigasi udara internasional serta membuat perencanaan pengembangan angkutan udara agar lebih terencana dan aman.

ICAO mengeluarkan produk berupa standar dalam dunia kedirgantaraan (ANNEX 17) yang wajib diikuti oleh anggota ICAO. Di Indonesia sendiri standar dari ICAO sendiri termaktub dalam CASR ( Civil Aviation Safety Regulation ).

Salah satu yang dijelaskan dalam CASR adalah tugas dan tanggung jawab seorang personel AVSEC Bandara. Ada beberapa hal yang harus dipelajari oleh seorang AVSEC diantaranya adalah target pengamanan, pengendalian keamanan orang dan barang yang diangkut pesawat, perlindungan bandara, pesawat terbang dan fasilitas navigasi penerbangan serta mengetahui detail mengenai pengamanan bandar udara.

Selain regulasi nasional itu ada beberapa regulasi internasional yang harus dipelajari oleh seorang AVSEC yaitu ANNEX 17 ICAO yang meliputi safeguarding, international civil, aviations against acts, of uniawful interference, annex 18 ICAO the safe and transfor dangerous goods by air.

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia maka standar yang ditetapkan oleh Annex 17 ini secara tidak langsung telah dimasukkan ke dalam standard Operational Prosedure AVSEC nasional.

Karena memang sebagai anggota PBB Indonesia harus mematuhi aturan yang telah ditentukan oleh ICAO (International Civil Aviation Organization).


Cara Menjadi AVSEC Internasional

Ketika seorang AVSEC telah mampu memahami dan menerapkan semua regulasi baik itu nasional dan internasional maka kesempatan karirnya di luar negeri pun terbuka lebar.

Dunia yang semakin datar ini membuka kesempatan bagi setiap orang yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan sayapnya selebar–lebarnya termasuk jika itu harus ke luar negeri.

Itulah Penjelasan Tentang Cara Menjadi AVSEC Internasional Semoga Dapat Menambah Ilmu Pengetahuan Anda di Bidang Jasa Penerbangan, Sekian & Terimakasih..


Artikel Terkait

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.