Cara Menjadi AVSEC Bandara

Cara Menjadi AVSEC Bandara

Cara Menjadi AVSEC Bandara

CARA MENJADI AVSEC BANDARA

Cara Menjadi AVSEC Bandara, Profesi AVSEC Saat Ini Tengah Booming di Kalangan Remaja Yang Ingin Terjun Ke Bidang Jasa Penerbangan, AVSEC (Aviation Security) Juga Sering Dikenal Dengan Sebutan Polisi Bandara.

Untuk Menjadi Seorang AVSEC (Aviation Security) Tidaklah Semudah Membalikan Telapak Tangan, Melainkan Ada Beberapa Proses Yang Harus Dijalani.

Sebelum Kita Membahas Tentang Tips Menjadi AVSEC Bandara, Mari Kita Cari Tahu Dulu Tentang Apa Itu AVSEC Bandara Serta Apa Sajakah Tugas Dan Tanggung Jawabnya.


Definisi AVSEC Bandara

Mungkin Kata AVSEC Masih Terdengar Asing di Telinga Anda, Atau Bahkan Anda Beranggapan AVSEC (Aviation Security) Sama Saja Seperti Security Bank Atau Satpam Mall Yang Sering Kita Lihat.

Padahal AVSEC Sangat Berbeda Dengan Petugas Keamanan Lain Yang Sering Kita Lihat, Lalu Apakah Yang Membuat AVSEC Berbeda Dengan Satpam Ataupun Security Bank.

Definisi AVSEC Bandara
Pengertian AVSEC (Aviation Security) Adalah Personil Keamanan Penerbangan Yang Telah (WAJIB) Memiliki Lisensi Atau Surat Tanda Kecakapan Personil (STKP) Yang Diberi Tugas dan Tanggung Jawab di Bidang Keamanan Penerbangan.

Peraturan AVSEC Harus Memiliki Licensi Ini Sudah di Atur Oleh Peraturan Dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia Nomor: SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9).

Selain Harus Memiliki Lisensi, Seorang AVSEC Bandara Juga Harus Berpedoman Kepada Regulasi Internasional ICAO (International Civil Aviation Organitation).

Kata ICAO Sendiri Merupakan Singkatan Dari “International Civil Aviation Organitation” Yang Merupakan Organisasi Sipil Internasional di Bawah PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).

Cukup Keren Kan.?
Setelah Melihat Pernyataan di Atas, Berarti Tidak Semua Orang Bisa Menjadi AVSEC (Aviaton Security) Bandara.!!


Tugas AVSEC Bandara

Sejarah AVSEC (Aviation Security) Telah Dikenal Sejak Awal Abad Ke 20 Ketika Terjadi Pembajakan Pesawat Udara Di Peru Tahun 1931 Yang Lalu.

Kejadian Ini Merupakan Tindakan Kejahatan (Melawan Hukum) Di Udara Yang Pertama Terhadap Penerbangan Sipil Yang Kemudian Terjadi Berulang-Ulang Menimpa Berbagi Penerbangan Sipil.

Setelah Kejadian Tersebut AVSEC Diberikan Tugas Pokok Untuk Menjamin Keamanan & Keselamatan Penerbangan Sipil Dari Tindakan Melawan Hukum

Selain Itu AVSEC Juga Memiliki Tugas Untuk Memberikan Perlindungan Keamanan Terhadap Awak Pesawat Udara, Pesawat Udara, Penumpang, Instalasi (Fasilitas) Bandara, Para Petugas Di Darat, Masyarakat Dan Pengguna Jasa Penerbangan Lainnya Dari Tindakan Melawan Hukum.

Tugas AVSEC Yang Sering Kita Lihat
Jika Anda Pernah Melakukan Perjalanan Menggunakan Pesawat Pasti Sebelum Anda Memasuki Bandara Anda Akan di Periksa Oleh Petugas, Nah Itulah AVSEC Bandara.


Peralatan AVSEC Bandara

Selain Itu, AVSEC Atau Personil Keamanan Penerbangan Membutuhkan Peralatan Dalam Melaksanan Tugasnya, Fasilitas Keamanan Penerbangan Tersebut Terdiri Dari :

  1. Peralatan Pendeteksi Bahan Peledak
  2. Peralatan Pendeteksi Bahan Organik & Non-Organik
  3. Peralatan Pendeteksi Metal
  4. Peralatan Pendeteksi Bahan Nuklir, Biologi, Kimia, & Radio Aktif
  5. Peralatan Pemantau Lalu Lintas Orang, Kargo, Pos, Kendaraan, & Pesawat Udara di Bandara
  6. Peralatan Pusat Penanggulangan Keadaan Darurat (Emergency Operation Centre)
  7. Kendaraan Patroli Keamanan Penerbangan
  8. Peralatan Pengendalian Jalan Masuk (Acces Control)
  9. Peralatan Pendeteksi Penyusup Pagar Perimeter (Perimeter Instruction Detection System)
  10. Peralatan Komunikasi Personel Keamanan.

Cara Menjadi AVSEC Bandara

Sudah Dijelaskan di Atas Bahwa Untuk Menjadi AVSEC Bandara Harus Memiliki STKP / Lisensi Yang Diberi Tugas dan Tanggung Jawab di Bidang Keamanan Penerbangan.

Dalam Licensi Tersebut Dijelaskan Tentang Kewenangan Petugas Keamanan Penerbangan (AVSEC) Jika Sudah Memiliki Licensi Maka Sudah Dinyatakan Memiliki Kompetensi Untuk Melaksanakan Tugas Pengamanan Penerbangan Oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Sementara Itu Untuk Mendapatkan STKP / Licensi Tersebut Seseorang Harus Mengikuti Pendidikah Khusus Terlebih Dahulu, Dan Yang Menyelenggarakan Lembaga Pendidikan AVSEC Harus Mendapatkan Izin Dari Kementrian Perhubungan Udara.


Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi

Saat Ini Telah Banyak Sekalai Tempat Pendidikan AVSEC Yang Ada di Indonesia, Oleh Karena Itu Jangan Sampai Anda Salah Memilih Tempat Pendidikan AVSEC Yang Tidak Memiliki Izin Resmi.

Salah Satu Sekolah AVSEC Yang Memiliki Izin Resmi Dan Memberikan STKP / Licensi Kepada Peserta Didiknya Adalah PSPP Penerbangan.

Dengan Memiliki Licensi AVSEC Tersebut, Sudah Dipastikan Bahwa Lulusan PSPP Penerbangan Sudah Memiliki Kompetensi Untuk Menjadi AVSEC (Aviation Security) Sesuai Dengan Peraturan Dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.


Syarat Masuk Sekolah AVSEC Bandara

Sesuai Dengan Praturan Cara Menjadi AVSEC Bandara, Maka Untuk Masuk Sekolah AVSEC Juga Harus Memenuhi Kualifikasi Sebagai Berikut :

  • Warga Negara Indonesia
  • Pria / Wanita
  • Lulusan Minimal SMA / Sederajat
  • Batas Usia 18 – 27 Tahun
  • Tinggi Badan Minimum Pria 168 Cm
  • Tinggi Badan Minimum Wanita 163 Cm
  • Belum Menikah
  • Sehat Jasmani & Rohani
  • Tidak Berkacamata / Buata Warna
  • Tidak Memiliki Tato Yang Terlihat
  • Tidak Bertindik
  • Bebas Dari Narkoba
  • Tidak Memiliki Riwayat Kriminal
  • Mampu Berbahasa Inggris Akan Menjadi Nilai Plus

Informasi Pendaftaran Sekolah AVSEC Berlicensi

Anda Yang Masih Duduk di Kelas 3 SLTA / Sederajat Sebaiknya Mendaftar Mulai Dari Sekarang Karena di PSPP Penerbangan Menggunakan Sistem Kuota, Maka Jika Kuota Kampus Terpenuhi Otomatis Pendaftaran Akan Segera Ditutup.!!

Untuk Informasi Pendaftaran Sekolah AVSEC Bandara, Anda Bisa Menghubungi Panitia Pendaftaran Yaitu Kak Yeni WA/Telp. 0812-7435-1949 / BBM: D773D673.

  • Untuk Jadwal Pendidikan di PSPP Penerbangan Ada 3 Gelombang Yaitu:
    • Gelombang 1 Pendidikan di Bulan Februari
    • Gelombang 2 Pendidikan di Bulan Juni
    • Gelombang 3 Pendidikan di Bulan Oktober

Lama Pendidikan AVSEC Bandara

Lama Pendidikan AVSEC Hingga Mendapatkan STKP / Licensi Adalah 6 Bulan, Dengan Jadwal Kuliah Setiap Hari (Kecuali Tanggal Merah Atau Hari Libur).

Masa Pendidikan 6 Bulan Tersebut Dibagi Menjadi, 4 Bulan Bulan Belajar di Kampus Dan OJT (On The Job Training) di Bandara Selama 2 Bulan.

Itulah Penjelasan Lengkap Tentang Tips Cara Menjadi AVSEC Bandara, Semoga Dapat Menambah Wawasan Anda, Sekian & Terimakasih.

Jika Masih Ada Pertanyaan Lagi Silahkan Tinggalkan Komentar Diwabah Artikel Ini, Dan Admin Akan Selalu Berusaha Untuk Mambalas Setiap Pertanyaan Yang Anda Berikan..

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 24/02/2018

    […] Menjalankan Tugasnya, Seorang AVSEC Bandara Harus Berpedoman Kepada Regulasi Internasional ICAO (International Civil Aviation […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.