Berikut Ini Langkah-Langkah Cara Membuat Paspor

Cara Membuat Paspor

Cara Membuat Paspor

CARA MEMBUAT PASPOR

Masih Bingung Apa Saja Syarat membuat paspor dan bagaimana cara membuat paspor?  Perkembangan dunia penerbangan yang bergerak dinamis dan semakin maju salah satunya dipengaruhi akibat laju pengguna transportasi udara yang semakin banyak.

Adapun tingkat pertumbuhan pengguna transportasi udara berkisar 9 persen setiap tahunnya. Saat ini pun, beragam tawaran promo dikeluarkan oleh pihak penyedia jasa transportasi udara guna menarik minat pengguna transportasi udara.

Tidak jarang pula hampir setiap bulan ada saja maskapai penerbangan yang menyelenggarakan promo tersendiri untuk menarik minat pengguna.

Hal tersebut dapat berupa tiket murah maupun potongan harga yang tentu saja menarik untuk dibeli. Bahkan seringkali pula beberapa rute penerbangan internasional mendapatkan diskon yang sangat fantastis.

Pada umumnya tiket normal untuk rute penerbangan internasional dapat mencapai angka jutaan rupiah per tiket, maka pada saat promo tidak jarang penumpang bisa mendapatkan harga hanya ratusan ribu rupiah, yang bisa separuh lebih daripada harga normal.

Menarik Sekali Bukan???

Meskipun demikian untuk bisa mengadakan perjalanan penerbangan internasional tentu membutuhkan kelengkapan dokumen berupa paspor. Paspor sendiri adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah bagi warganya untuk bisa berkunjung ke negara lain dalam jangka waktu tertentu.

Cara Membuat Paspor

Adapun cara membuat paspor sekarang ini sudah sangat mudah, bahkan Anda bisa membuat paspor secara online dengan mengisi beragam formulir pada halaman website resmi Imigrasi Republik Indonesia.

Sebelum membuat paspor secara online dan mudah, cek terlebih dahulu kelengkapan untuk membuat paspor yakni sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Kelahiran
  4. Akta Perkawinan, bisa juga Buku Nikah
  5. Paspor lama, apabila Anda ingin memperpanjang masa berlaku paspor

Setelah Anda memastikan semua kelengkapan syarat administrasi telah terpenuhi dan telah Anda scan sebelumnya, maka selanjutnya Anda perlu menyiapkan komputer ataupun laptop lengkap dengan koneksi internet yang ada.

Selanjutnya Anda akan menjumpai beragam menu, pilihlah Pra Permohonan Personal. Anda akan diarahkan ke formulir online. Isilah formulir online yang tertera dengan benar, pastikan Anda tidak salah input data.

Lalu Biodata Apa Saja Yang Diperlukan???

Anda perlu mengisi data diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, tinggi badan, tempat tanggal lahir, status, pekerjaan, email, nomer identitas dan lain sebagainya.

Setelah formulir telah terisi dengan lengkap, kemudian Anda akan diarahkan untuk pembayaran biaya administrasi yang diatur oleh pihak Imigrasi. Setelah Anda melakukan pembayaran, jangan lupa untuk segera konfirmasi pembayaran ke Imigrasi.

Pembayaran telah terverifikasi, selanjutnya Anda perlu datang ke kantor Imigrasi terdekat di kota Anda. Tujuan Anda datang ke kantor Imigrasi yakni adalah untuk verifikasi berkas selanjutnya melakukan wawancara.

Adapun pertanyaan wawancara yang sering kali ditanyakan oleh pihak Imigrasi seperti tujuan pembuatan paspor, dan lainnya.

Setelah wawancara Anda selesai, Anda tinggal menunggu beberapa hari saja untuk paspor Anda jadi. Pada umumnya hanya berkisar antara  lima hari kerja hingga seminggu untuk mengambil paspor Anda di Kantor Imigrasi.

Syarat untuk membuat paspor sekarang pun relatif mudah dan bisa dilakukan secara online. Adapun proses verifikasi berkas memang diharuskan untuk datang ke Kantor Imigrasi sekaligus mengatur jadwal wawancara Anda.

Selama Anda memenuhi segala kelengkapan administrasi yang harus Anda lengkapi dan menjawab dengan jelas tujuan pembuatan paspor, maka cara membuat paspor sekarang ini sudah sangat mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.