Bagaimanakah Cara Kerja AVSEC Untuk Mengamankan Bandara

Bagaimanakah Cara Kerja AVSEC Untuk Mengamankan Bandara

Bagaimanakah Cara Kerja AVSEC Untuk Mengamankan Bandara

BAGIMANA CARA KERJA AVSEC UNTUK MENGAMANKAN BANDARA

Bagaimanakah Cara Kerja AVSEC Untuk Mengamankan Bandara? Untuk kalian yang pernah ke bandara pasti merasakan pengamanan bandara lebih ketat daripada moda transportasi lainnya. Hampir di setiap sisi ada pengecekan dan pemeriksaan entah itu hanya sekedar pengecekan tiket hingga pemeriksaan tubuh.

Mereka yang berseragam itu adalah personel AVSEC. Tugas mereka memang menjaga keamanan bandara. Hal ini diberawal pada tahun 1931 terjadi kejahatan pertama di udara pada penerbangan sipil di Peru yang mengakibatkan seluruh dunia mulai menyadari perlu adanya pengamanan khusus di bandar udara.

Pengertian AVSEC

AVSEC ( Aviation Security ) merupakan salah satu unit kerja di bandara yang bertugas untuk menjaga keamanan bandar udara. Area yang di jaga baik di area darat maupun di area udara. Area darat ( landside ) meliputi terminal bandar udara sedangkan area udara ( airside )  terdiri dari landasan pacu ( runway ), apron dan taxiway.

Personel – personel AVSEC sebelum bertugas harus mengikuti pendidikan terlebih dahulu di sekolah yang telah disertifikasi Direktur Jenderal Perhubungan Udara. Mengingat tugas utamanya adalah menjaga keamanan maka latar belakang dari personel AVSEC sendiri harus bersih dari tindak kriminal.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya AVSEC menjaga bandar udara dari dua sisi yaitu sisi darat dan sisi udara. Pengamanan yang dilakukan oleh AVSEC di sisi darat ( landside ) mulai dari pemeriksaan dokumen, penumpang, bagasi dan bagasi kabin hingga ke pengawasan dari jalur check in ke ruang tunggu lalu ke sisi udara.

Sedangkan di sisi udara ( airside ) sendiri pengamanan di mulai dari pengawasan jalur menuju dan dari pesawat hingga pengecekan kargo.

Jenjang Karir AVSEC

Berdasarkan jenjang karirnya maka pekerjaan utama dari AVSEC dibagi menjadi tiga yaitu Basic AVSEC, Junior AVSEC dan Senior AVSEC. Basic AVSEC bertugas melakukan pengecekan secara manual, baik itu pemeriksaan dokumen, bagasi maupun body check.

Junior AVSEC bertugas melakukan pengecekan via mesin X-Ray dan memantau setiap barang yang melalui mesin X-Ray tersebut. Sedangkan untuk senior AVSEC bertugas sebagai pengawas AVSEC secara keseluruhan. Senior AVSEC memastikan bahwa pekerjaan Basic AVSEC dan Junior AVSEC dilakukan sesuai dengan Standard Operational Procedure yang berlaku.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.