Ternyata Banyak Loh Cara Aman Naik Pesawat Saat Hamil

Cara Aman Naik Pesawat Saat Hamil

Cara Aman Naik Pesawat Saat Hamil

CARA AMAN NAIK PESAWAT SAAT HAMIL

Ternyata Banyak Loh Cara Aman Naik Pesawat Saat Hamil. Jika kita memperhatikan perkembangan dunia penerbangan akhir-akhir ini yang bergerak begitu cepat salah satunya dipengaruhi oleh pertumbuhan jumlah penumpang pengguna transportasi udara yang semakin tahun semakin naik.

Adapun tingkat pertumbuhan pengguna transportasi udara berkisar 9% yang bertambah setiap tahunnya. Tingkat laju pertumbuhan penumpang yang sangat tinggi ini tentu membutuhkan SDM yang tidak sedikit bahkan boleh jadi membutuhkan ribuan SDM.

Terlebih dengan semakin banyaknya promo dan diskon yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa transportasi.  Alhasil perlu SDM yang tidak sedikit agar mampu menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada seluruh penumpang.

Bagi ibu hamil maka hal yang harus pertama kali Anda lakukan sebelum bepergian adalah konsultasi ke dokter kandungan terdekat. Hal ini untuk mengantisipasi terjadi sesuatu yang mungkin saja membahayakan janin Anda dan diri Anda sendiri.

Terlebih apabila Anda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau sebelumnya melahirkan secara prematur/cesar. Maka tentu sebaiknya Anda wajib memeriksakan diri Anda ke dokter.

Resiko Ketika Naik Pesawat Saat Hamil

Jangan lupa Anda mengecek kebijakan maskapai penerbangan tentang ibu hamil naik pesawat apakah diperbolehkan ataupun dilarang oleh perusahaan. Meskipun demikian peraturan masing-masing perusahaan kebijakan tentu dapat berbeda satu sama lainnya.

Bahkan meskipun tergolong aman, naik pesawat bagi seorang ibu hamil dapat meningkatkan beberapa resiko dibawah yakni:

Penggumpalan darah pada vena dan varises pada ibu hamil. Agar Anda sebagai penumpang ibu hamil terhindar dari hal tersebut maka untuk mengurangi resiko tersebut, Anda bisa memakai kaus kaki setinggi lutut yang mana diproduksi khusus untuk berpergian dengan pesawat.

Resiko akan keguguran atau gangguan pada janin ibu hamil. Paparan radiasi atmosfer saat pesawat terbang berada di ketinggian tertentu bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

Jika Anda hanya sesekali naik pesawat maka Anda sebagai penumpang pengguna transportasi udara tidak perlu khawatir dengan risiko tersebut. Peringatan ini umumnya ditujukan untuk ibu hamil yang seringkali naik pesawat.

Kandungan oksigen dalam darah yang menurun. Kondisi tersebut bisa terjadi karena selama penerbangan yang disebabkan oleh tekanan udara menurun dan berubah berdasarkan ketinggian. Namun hal tersebut tidak akan berisiko kepada janin yang tengah Anda kandung selama Anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Cara Aman Naik Pesawat Saat Hamil

Berikut ini beberapa tips ibu hamil agar tubuh tetap selain itu agar selama perjalanan Anda semakin nyaman, yakni sebagai berikut ini:

  • Konsumsilah banyak cairan agar tubuh tidak akan mengalami dehidrasi berlebih.
  • Sebaiknya Anda memakai pakaian yang longgar yang akan membuat Anda nyaman bergerak.
  • Pilihlah tempat duduk yang mampu memberikan Anda banyak.
  • Pakailah dan kencangkan sabuk pengaman di bawah perut Anda agar tidak mengikat janin.
  • Ada baiknya Anda berjalan sebentar di kabin pesawat agar sirkulasi darah Anda menjadi lancar dan normal. Jika hal itu tidak memungkinkan Anda untuk lakukan, maka renggangkan pergelangan kaki Anda selama berada duduk di pesawat terbang.

Jadi bagi Anda yang akan mengadakan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang pastikan Anda tidak melakukan penerbangan sesering mungkin. Resiko yang akan Anda hadapi jauh lebih besar dibandingkan pada saat Anda normal tidak lagi mengandung janin.

Cara aman naik pesawat saat hamil diatas tentu dapat dilakukan dengan mudah oleh setiap penumpang pesawat terbang yang tengah mengandung janin bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.