Apakah Benar Ada Bahaya Terbang Saat Hamil Berikut Penjelasannya

Apakah Benar Ada Bahaya Terbang Saat Hamil Berikut Penjelasannya

Apakah Benar Ada Bahaya Terbang Saat Hamil Berikut Penjelasannya

BAHAYA TERBANG SAAT HAMIL

Apakah Benar Ada Bahaya Terbang Saat Hamil Berikut Penjelasannya. Pesawat terbang meskipun telah memiliki beragam sensor dan peralatan yang sangat canggih tentu sangat aman.

Bahkan berdasarkan data statistik pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi yang paling aman serta efisien untuk jarak yang begitu jauh.

Selain itu ternyata terdapat mitos bahaya terbang saat hamil bagi perempuan yang tengah mengandung. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu janin bayi yang tengah dikandungnya.

Lalu Apakah Benar Ada Bahaya Terbang Saat Hamil?

Pada umumnya berpergian dengan menggunakan pesawat relatif aman bahkan oleh ibu hamil selama tubuh sehat. Namun tetap ada aturan tersendiri yang harus Anda sebagai penumpang pesawat tentu harus mematuhi sebelum bepergian.

Bagi ibu hamil maka hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum bepergian adalah konsultasi ke dokter kandungan terdekat. Hal ini untuk mengantisipasi terjadi sesuatu yang membahayakan janin Anda dan diri Anda sendiri.

JikaAnda tengah memiliki penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau sebelumnya melahirkan secara prematur. Maka Anda wajib memeriksakan diri Anda ke dokter.

Tips Agar Aman Berada di Pesawat

Berikut ini beberapa tips ibu hamil agar tubuh tetap selain itu agar selama perjalanan Anda semakin nyaman, yakni:

  • Konsumsilah banyak cairan agar tubuh tidak akan mengalami dehidrasi.
  • Sebaiknya Anda memakai pakaian yang longgar yang akan membuat Anda nyaman.
  • Pilihlah tempat duduk yang bisa memberikan Anda banyak ruang salah satunya seperti kursi di sebelah lorong.
  • Pakai dan kencangkan sabuk pengaman di bawah perut Anda agar tidak mengikat janin Anda.
  • Sebaiknya Anda berjalan sebentar di lorong kabin pesawat agar sirkulasi darah Anda menjadi lancar. Jika hal itu tidak memungkinkan Anda lakukan, maka renggangkan pergelangan kaki Anda selama berada duduk di pesawat.

Selain itu sebaiknya Anda mengecek kebijakan maskapai penerbangan tentang ibu hamil naik pesawat apakah diperbolehkan ataupun dilarang. Meskipun demikian peraturan masing-masing perusahaan kebijakan tentu bisa saja saling berbeda satu sama lainnya.

Recommended For You!  Kriteria Fisik Menjadi AVSEC Internasional Yg Dibutuhkan Pihak Bandara

Bahkan meskipun tergolong aman, naik pesawat bagi ibu hamil dapat meningkatkan beberapa resiko dibawah yakni :

Penggumpalan darah pada vena dan varises pada ibu hamil. Agar Anda terhindar dari hal tersebut maka untuk mengurangi resiko tersebut, Anda bisa memakai kaus kaki setinggi lutut yang mana diproduksi khusus untuk berpergian dengan pesawat.

Resiko akan keguguran atau gangguan pada janin ibu hamil. Paparan radiasi atmosfer saat pesawat terbang berada di ketinggian tertentu bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

Jika Anda hanya sesekali naik pesawat maka Anda tidak perlu khawatir dengan risiko tersebut. Peringatan ini umumnya ditujukan untuk ibu hamil yang seringkali naik pesawat.

Kandungan oksigen dalam darah yang menurun. Kondisi tersebut bisa terjadi karena selama penerbangan yang disebabkan oleh tekanan udara menurun. Namun hal tersebut tidak akan berisiko kepada janin yang tengah Anda kandung selama Anda memiliki tubuh yang sehat.

Jadi bagi Anda yang akan mengadakan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang pastikan Anda tidak melakukan penerbangan dalam jumlah yang banyak. Resiko yang akan Anda hadapi jauh lebih besar dibandingkan pada saat Anda normal.

Walaupun penerbangan memang relatif aman dibandingkan dengan moda transportasi lainnya tetap saja kesehatan janin Anda merupakan prioritas utama yang harus Anda jaga. Bahaya terbang saat hamil tetap ada terlebih Anda sering naik pesawat terbang.

Meskipun demikian apabila Anda terpaksa naik pesawat saat hamil maka Anda sebaiknya jangan terlalu khawatir sebab kru kabin pesawat tentu sudah bertugas seprofesional mungkin.

Jika Bermanfaat Share Artikel Ini Yaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp