Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi AVSEC Bandara

Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi AVSEC Bandara

Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi AVSEC Bandara

APAKAH LULUSAN SMK BISA MENJADI AVSEC BANDARA

Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi AVSEC Bandara, Airport atau biasa dikenal dengan istilah Bandara, memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk bisa menikmati transportasi lewat udara. Selain pesawat, transportasi udara lainnya, yaitu helikopter juga bisa melakukan pendaratan disini.

Sebagai sebuah bandara, maka harus mempunyai landasan pacu sebanyak satu dan helipad yang juga berjumlah satu. Sementara itu, untuk sebuah bandara kategori besar, haruslah mempunyai bermacam-macam fasilitas pendukung lain. Fasilitas tersebut diantaranya terminal, hanggar maupun operator yang digunakan sebagai layanan penerbangan.

Selain itu, menurut sumber lain, bandara juga mempunyai pengertian lain berupa sebuah area tertentu yang digunakan sebagai tempat untuk mendarat.

Pendaratan yang dilakukan, tidak hanya sebagian saja, namun juga secara menyeluruh dari keberangkatan yang dilakukan oleh sebuah pesawat terbang.

Bila pernah melakukan penerbangan, maka biasanya sebelum terbang, dilakukan pengecekan barang bawaan terlebih dahulu. Alat yang digunakan untuk melakukan deteksi dilengkapi dengan X-RAY.

Para petugas yang membantu proses pengecekan inilah yang disebut dengan AVSEC (Aviation Security). Sehingga, AVSEC mengandung pengertian sebagai petugas yang memiliki tugas menjaga keamanan bandara.

Mereka mempunyai tanggung jawab dan tugas terhadap keselamatan dan keamanan dalam hal penerbanngan. Selain itu, para petugas tadi juga diberikan lisensi sebagai bukti profesionalisme kerja.

Masyarakat umum, sebagian  besar masih menganggap AVSEC memiliki kedudukan yang sama dengan hansip, satpam, security, maupun petugas keamanan lainnya.

Namun, perbedaan yang sangat mencolok terlihat dari para petugas AVSEC yang Wajib Mempunyai Lisensi setelah selesai melakukan pelatihan. Adapun persyaratan untuk masuk pelatihan ASVEC sebagai berikut.

  1. Telah lulus SMA maupun SMK atau sederajat
  2. Mempunyai penampilan yang menarik.
  3. Tinggi badan untuk pria minimal adalah 165 cm.
  4. Bagi wanita mempunyai tinggi badan minimal 160 cm.
  5. Usia minimal 18 tahun, maksimal 17 tahun.
  6. Mempunyai kelakukan baik yang dibuktikan dari kepolisian.
  7. Memberikan keterangan yang menyatakan bebas dari narkoba.
  8. Sehat secara jasmani maupun rohani.
  9. Tidak memiliki penyakit hepatitis maupun buta warna.

Lulusan SMK Apakah Bisa Menjadi AVSEC Bandara

Bagi anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan di bangku SMK / SLTA Pasti mempertanyakan tentang Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi AVSEC Bandara.?

Lalu, Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi AVSEC Bandara.?? Jawabannya Adalah Bisa.!!

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9, Bahwa untuk menjadi Seorang AVSEC Bandara wajib memiliki STKP (Surat Tanda Kecakapan Personil) atau yang sering disebut dengan Lisensi.

Dengan demikian ketika anda ingin menjadi AVSEC Bandara setelah lulus SMK / Sederajat, Anda Harus Melanjutkan Pendidikan Untuk Mendapatkan STKP / Lisensi.


Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara

Untuk Bisa Mendapatkan STKP / Lisensi Seseorang harus mengikuti pendidikan khusus terlebih dahulu di Sekolah AVSEC Yang sudah mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, untuk menyelenggarakan pelatihan.

Salah satu Sekolah AVSEC yang sudah mendapatkan izin adalah PSPP Penerbangan yang merupakan tempat pendidikan AVSEC Terbaik di Indonesia yang sudah Terakreditasi A.

Itulah Penjelasan Tentang Apakah Lulusan SMK Bisa Menjadi AVSEC Bandara, Semoga Bermanfaat Serta Dapat Menambah Wawasan Kita, Sekian & Terimakasih..

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.