Apakah Bisa Menjadi AVSEC Tanpa Memiliki LISENSI Resmi? Cek disini!

Apakah Bisa Menjadi AVSEC Tanpa Memiliki LISENSI Resmi

Apakah Bisa Menjadi AVSEC Tanpa Memiliki LISENSI Resmi

APAKAH BISA MENJADI AVSEC TANPA MEMILIKI LISENSI RESMI

Apakah Bisa Menjadi AVSEC Tanpa Memiliki Lisensi Resmi, Banyaknya jumlah penumpang dalam dan luar negri di Bandara nasional membuka peluang besar untuk mengurangi jumlah pengangguran.

Pasalnya, dengan hal tersebut maka muncul lah berbagai Bandar udara baru di Indonesia. Dengan begitu, kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) meningkat dan menjadi faktor kurangnya pengangguran tersebut.

Mulai dari staff inti hingga staff pendukung tentu sangat dibutuhkan. Tak terkecuali kebutuhan akan staff keamanan bandara seperti AVSEC (Aviation Security).

Hal ini juga yang mendorong masyarakat untuk mengirimkan lamaran pekerjaannya untuk menjadi petugas AVSEC di Bandara. Namun, tentu tidak sembarang orang dapat memenuhi persyaratan menjadi petugas AVSEC. Hal ini dikarenakan sangat pentingnya dari kinerja AVSEC Bandara


Menjadi AVSEC Apakah Harus Memiliki Lisensi Resmi

Persyaratan utama untuk menjadi AVSEC Bandara adalah Memiliki Lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Personal (STKP) yang dikeluarkan langsung oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Melalui Lembaga Pendidikan FAAST Penerbangan.

Serta menjadikan regulasi Internasional ICAO (International Civil Aviation Organization) sebagai pedoman dalam bekerja. Regulasi ini adalah regulasi yang dibawahi secara langsung oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan memiliki kualifikasi yang mumpuni dalam melayani dengan konsep tegas dan santun.

Dengan syarat utama tersebut, seorang AVSEC Bandara akan melakukan tugasnya dengan benar yaitu memeriksa dengan sangat teliti segala macam bentuk barang dan segala karakter penumpang tanpa melihat backgroundnya.

Hal ini akan membuat bandara tetap aman dan tentram, Pemeriksaan dilakukan pada saat memasuki daerah terbatas atau Security Traffic Area dari daerah steril.

Recommended For You!  Kenapa AVSEC Menjadi Profesi Yang Paling Diminati Saat Ini

Selain memeriksa barang masuk, seorang AVSEC Bandara diharapkan dapat memeriksa dan mencocokan tiket dengan identitas penumpang seperti KTP atau surat izin masuk lainnya.

Dengan tugas yang memiliki tanggung jawab besar ini, maka dari itu untuk menjadi AVSEC Bandara, petugas harus memiliki lisensi resmi yang di keluarkan langsung Oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Melalui Lembaga Pendidikan.
Seperti FAAST Penerbangan.

Lisensi resmi ini dikeluarkan oleh peraturan direktur jenderal perhubungan udara nomor : SKEP/2765/XII/2010 pada Bab I di butir 9.
Syarat ini menjadi syarat yang mutlak bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai petugas AVSEC Bandara. Ini merupakan syarat yang sangat saklek bagi seorang pelamar pekerjaan tersebut.


Kesimpulan Apakah Tidak Memiliki Lisensi Bisa Menjadi AVSEC Bandara?? Jawabannya Tidak!!

Karena Sudah Dijelaskan di Atas Bahwa Sesuai Dengan Peraturan Nomor : SKEP/2765/XII/2010 Pada Bab I di Butir 9, Bahwa Syarat Utama Untuk Menjadi AVSEC Harus Memiliki Lisensi.

Untuk Mendapatkan Lisensi Tersebut Anda Harus Mengikuti Pendidikan Khusus di PSPP Penerbangan.

Itulah Penjelasan Tentang Apakah Bisa Menjadi AVSEC Tanpa Memiliki Lisensi Resmi, Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Jika Bermanfaat Share Artikel Ini Yaa..

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 14/03/2018

    […] Tidak Memiliki Lisensi Apakah Bisa Menjadi AVSEC Bandara […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp